Laman

Minggu, 16 Juli 2017

KAWOS BOGDOR The Power of Sundanese Bogor

Secara kasat mata, bisa dilihat dengan jelas bahwa tingkat keheterogenan masyarakat yang berada di Bogor, baik wilayah Kota ataupun Kabupaten sangatlah tinggi. Berbagai macam suku budaya masyarakat berkumpul menjadi satu, berbaur dan melebur dengan keseharian kehidupan masyarakat. Menjadikan suatu keindahan yang nyata bahwa Negeri Indonesia sangatlah kaya akan budaya.

Namun, sangat jelas dibalik meningkatnya populasi masyarakat yang memiliki latar budaya yang berbeda tersebut, muncul pula berbagai dampak negatif bagi Bogor itu sendiri. Salah satunya yakni memudarnya Budaya dan Bahasa Sunda yang merupakan identitas asli warga Bogor.

Oleh karenanya sebagai masyarakat Bogor yang peduli akan kelestarian Budaya dan Bahasa Sunda "Kawos BogDor" mencoba menyajikan sisi keunikan dari Budaya Sunda. Melalui kata-kata, kami coba untuk menampilkan bahwa bahasa, budaya, serta berbagai tempat yang berada di Tanah Pasundan, khususnya di Bogor ini sangatlah kaya, unik, dan menarik.

Sebagai warga Bogor yang memiliki identitas Asli Sunda yang hidup dimasa kini, yang bebas berekspresi, kami pun ingin mengabarkan bahwa bahasa Sunda Bogor bukanlah kasar. Namun merupakan suatu bentuk kekayaan bahasa Sunda yang terbebas dari hierarki dan politik bahasa yang diatur undak usuk bahasa sunda yang sejatinya meruapakan suatu tatanan bahasa yang dikatakan tidak seimbang karena, salah satunya, melibatkan kekuasaan politik. Kekuasaan yang dimaksud adalah Mataram Islam dan kolonialisme Belanda pada masa itu.

Oleh karenanya, mari bersama-sama kita lestarikan kekayaan Budaya Sunda sebagai wujud kekuatan Bogor yang merupakan salah satu budaya terbesar dan tertua yang ada di Indonesia. Mari bangun dan tunjukan bahwa Urang Sunda Oge Bisa Ngabangun Nagara.

Sampurasun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar